Minyak Gosok “Tiga Bintang”, Herbal Flores-NTT yang Makin Diminati

Bogor, Agrifood.id – Berbagai potensi tanaman obat dan herbal khas di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) mempunyai khasiat yang sudah teruji. Manfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh tersebut sudah diolah dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah minyak gosok dengan merek Tiga Bintang yang diproduksi di Ende, NTT.

Dhaleks yang memproduksi minyak gosok tersebut mengatakan ramuan tradisional itu merupakan warisan dari orang tuanya yang sudah mulai diproduksi sejak tahun 1930-an. Peninggalan dari leluhurnya itu teta dijaga keasliannya dan sudah terbukti dalam pengobatan atau pemulihan kesehatan.

“Ramuan minyak gosok ini sudah lama digunakan beberapa kolega dan masyarakat secara terbatas. Sekarang kami mulai produksi dalam botol sesuai regulasi pemerintah dan sudah bisa dipasarkan untuk umum,” katanya belum lama ini.

Dikatakan, khasiat yang sudah teruji adalah membantu meredakan pegal linu, sakit otot pinggang, gatal, serta membantu meringankan bengkak atau memar akibat terkilir atau terbentur. Ada beberapa konsumen juga menggunakan untuk beberapa sakit kulit dan pengobatan lainnya.
Berangkat dari permintaan yang terus meningkat, maka pihak produsen mengurus sejumlah izin ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan sudah mendapatkan izin dengan kategori TR yang masuk kategori obat tradisional dalam negeri.

Cesar Kasimirus selaku distributor utama dari Minyak Gosok Tiga Bintang mengakui permintaan terus meningkat karena berbagai khasiat dan manfaat dari minyak gosok tersebut. Salah satu gerai yang ramai dikunjungi pembeli adalah Wisma Emaus Susteran CIJ Ende.

Foto agrifood.id

Di sisi lain, konsumen juga semakin yakin dengan khasiat minyak gosok tersebut setelah ada izin dari BPOM. “Konsumen pun sudah merasa aman menggunakan minyak gosok yang sudah diakui secara medis,” jelasnya.
Dijelaskan, semua bahan yang diolah tersebut diperoleh dari budidaya dan hasil hutan di Ende dan sekitarnya. Mulai dari tanaman sereh, kayu putih, minyak kelapa, jahe dan akar-akaran dari tanaman hutan.

Dikatakan, komposisi dari bahan-bahan tersebut juga sebenarnya sudah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pengobatan tradisional. Namun, minyak gosok Tiga Bintang sudah melalui sejumlah uji laboratorium dengan aplikasi yang sudah lama teruji.

“Dalam jangka panjang perlu penataan dalam produksi bahan baku untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat,” kata Kasimirus. [AF-03]

agrifood.id || agrifood.id@gmail.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*