Dorong Kaderisasi, Alumni IPB Luncurkan Program Mentoring Leader

Peluncuran Program Mentoring Leader Batch I oleh HA IPB di Jakarta, Jumat (9/11).

Jakarta – Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) meluncurkan Program Mentoring Leader Batch I sebagai ajang kaderisasi dan pendampingan calon-calon pemimpin masa depan. Potensi alumni yang cukup besar diharapkan bisa memberikan motivasi bagi lulusan IPB.

“HA IPB menjadi fasilitator dari potensi alumni dalam berbagai bidang. Ini salah satu bentuk kontribusi kami sebagai alumni kepada adik-adik dalam meningkatkan kapasitas dan daya saing lulusan IPB,” ujar Ketua HA IPB Fathan Kamil di Jakarta, Jumat (9/11).

Selain Program Mentoring Leader Batch I, dalam kesempatan yang sama juga digelar Forum Silahturahmi Alumni (FSA) IPB III yang melibatkan sejumlah alumni yang berkiprah di dunia wirausaha, swasta/profesional, dan badan usaha milik negara (BUMN).

Baca : Sukses FSA I, Alumni IPB Perkuat Jaringan pada FSA II

Menurut Fathan, program HA IPB juga dimaksudkan untuk menjaga kesinambungan semangat perubahan dan kemajuan dalam berkontribusi positif bagi bangsa dan negara. “Para mentor ini melibatkan alumni yang memiliki rekam jejak dan prestasi terbaik dalam bidangnya masing-masing. Mereka sudah menyatakan kesediaannya untuk mendidik dan coaching (pelatihan) selama satu tahun periode mentorship,” katanya.

Info dari Tim Media Center HA IPB menyebutkan Mentoring Leader Batch I melibatkan 30 orang mentor alumni IPB dari berbagai bidang profesi dan pengabdiannya masing-masing. Mereka akan memberikan pelatihan kepada 70 orang mentee terpilih (peserta program) yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian kuliah di IPB.

Baca : Tahun 2019, HA IPB Target Tanam 1.000 Pohon Langka

Koordinator Program Mentoring Leader Jamil Azzaini mengatakan para mentee telah diseleksi melalui mekanisme dan standar rekrutmen yang ketat antara lain pengalaman berorganisasi, prestasi akademik dan nonakademik, karya tulis bertema rencana sukses masa depan serta uji kompetensi lain.

Dikatakan, antusias peserta Program Mentoring Leader memberikan energi bagi para pengurus DPP HA IPB untuk melaksanakan program pengkaderan tersebut.

“Untuk mempersiapkan estafet kepemimpinan di negeri ini, HA IPB memandang program pengkaderan penting untuk dilakukan. Kami bertekad untuk melahirkan kader-kader pemimpin bangsa,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan IPB Drajat Martianto yang hadir dalam kesempatan itu bersama jajaran rektorat IPB lainnya memberi apresiasi atas kegiatan HA IPB tersebut. Diharapkan semua potensi alumni bisa digerakkan melalui berbagai program untuk memperkuat kualitas lulusan IPB. [AF-03]

1 Comment

1 Trackback / Pingback

  1. IPB Buka Sekolah Kopi, Minat Mahasiswa Cukup Tinggi - AgriFood.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*