Jakarta – Berbagai produk makanan dari Indonesia berpotensi masuk Pakistan seiring dengan meningkatknya masyarakat kelas menengah. Perusahaan Indonesia, seperti Mayora Group, Orang Tua Group, dan juga Garuda Food, terus meningkatkan penetrasi ke Pakistan.
Duta Besar RI untuk Pakistan, Iwan Suyudhie Amri, mengatakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) terus mendorong untuk membuka peluang pasar di Pakistan tersebut. Produk makanan merupakan salah satu peluang dalam peningkatan pangsa pasar produk Indonesia.
Untuk itu, seperti ditulis tribune.com.pk, KBRI mengumpulkan informasi sekaligus memberikan dukungan kepada salah satu importir produk makanan Mattoosons Pvt. Ltd. Perusahaan yang dipimpin Ali Tariq di Lahore merupakan distributor tungggal PT Mayora Indonesia.
“Selain untuk menggali informasi terkait potensi peningkatan nilai ekspor produk makanan Indonesia ke Pakistan, kami juga ingin mendengar langsung apa yang menjadi harapan importie sekaligus hambatan yang dihadapi,” tutur Dubes Iwan baru-baru ini.
Industri makanan di Pakistan tengah berkembang pesat dengan pertumbuhan rata-rata pertahun sebesar 6,15 persen. Total impor makanan dan minuman ringan Pakistan sebesar 6,185 miliar dolar AS, sementara nilai impor dari Indonesia baru mencapai sekitar 5 juta dolar di wilayah Punjab dan sekitarnya. Porsi tersebut masih sangat kecil dibandingkan pasar yang terus tumbuh.
Ali Tariq dan beberapa pimpinan yang menerima kedatangan rombongan KBRI berniat untuk senantiasa menjalin interaksi melalui berbagai kegiatan promosi produk Indonesia di Pakistan.
“Potensi pasar produk makanan Indonesia sangat besar dan semakin digemari seiring dengan meningkatnya kelas menengah publik Pakistan yang saat ini mencapai 46 persen,” ujar Ali Tariq.
Dalam pertemuan dengan Mattoosons, Dubes RI mendapatkan penjelasan komprehensif mengenai pasar dan pesaing produk seperti Malaysia, Thailand, Uni Emirat Arab, Inggris, dan varian sejenis di Pakistan. Adapun perusahaan dari Indonesia yang mulai merambah pasar Pakistan antara lain Mayora Group, Orang Tua Group, dan juga Garuda Food dalam waktu dekat.
Untuk diketahui, Mattosons saat ini memiliki 85 distributor di seluruh kota Pakistan dengan 28.000 warung kecil dan besar di kota besar dan pedesaan Pakistan. Pada tahun 2020 mereka merencanakan mendirikan pabrik di Karachi.
Mattoosson menyebut tiga produk PT Mayora yang menjadi andalan yaitu Kopiko, Danisa, dan Astor, dengan turn over per tahun sekitar 1,5 juta dolar. Mattosons saat ini memiliki 85 distributor di seluruh kota Pakistan dengan 28.000 warung kecil dan besar di kota besar dan pedesaan Pakistan.
Be the first to comment