Bogor, AF – Grup ritel makanan internasional Delhaize dikenakan sanksi oleh Pengadilan Nasional Belgia atas tudingan yang tidak benar terhadap produk selai cokelat Nutella. Delhaize diminta tidak lagi menggunakan iklan ‘menyesatkan’ terkait minyak kelapa sawit terhadap produk kembang gula Italia Ferrero.
Keputusan pengadilan ini sejalan dengan sikap Ferrero bahwa Delhaize telah meluncurkan kampanye iklan yang keliru bahwa Nutella menggunakan minyak sawit ilegal. Sebaliknya, dalam iklan yang sama disebutkan produk Delhaize tidak mengandung minyak sawit. Hal itu berarti penyebaran selai cokelat Choco melalui Delhaize lebih baik bagi keselamatan planet ini.
“Pengadilan telah mengevaluasi argumen yang diajukan Ferrero dan membenarkan bahwa iklan produk Delhaize itu tidak benar dan tidak sah,” demikian pernyataan Ferrero menanggapi keputusan pengadilan pekan lalu yang ditulis Guardian.com, Senin (19/6).
Delhaize mengklaim memasarkan produk cokelat yang lebih sehat dan lebih ramah lingkungan karena tidak mengandung minyak sawit. Klaim Delhaize tersebut jelas memanfaatkan maraknya kampanye negatif terhadap produk berbasis sawit di kawasan Eropa.
Ferrero mengatakan selalu menawarkan produk konsumer dengan kualitas terbaik, sekaligus menyadari pentingnya memberikan informasi yang obyektif dan benar kepada masyarakat. “Untuk alasan ini, kami sangat mendukung keputusan pengadilan, yang merupakan langkah besar dalam mendukung tersebarnya informasi imparsial,” tulisnya.
Awalnya, dalam pengadilan komersial di Brussels memutuskan mendukung Delhaize, namun dalam Pengadilan Banding mengubah keputusan untuk mendukung Ferrero. Ferrero berpendapat bahwa kampanye Delhaize sangat tidak adil dan merusak merek Nutella yang ikonik.
Delhaize mengatakan kepada Guardian bahwa pihaknya mempertimbangkan tindakan hukum lebih lanjut namun tidak mengajukan banding atas putusan tersebut.
Pada tahun 2015 lalu, Greenpeace memberi peringkat Ferrero sebagai salah satu dari 14 produsen global dengan kebijakan ‘tanpa deforestasi’. Ferrero dinilai sebagai salah satu perusahaan yang menerapkan komitmen berkelanjutan. Selain itu, Nutella juga mengklaim mengantongi sertifikasi dari WWF yang juga merupakan anggota Roundtable on Sustainable Palm Oil dan the Palm Oil Innovation Group.
Penggunaan minyak sawit Ferrero mnjadi sorotan setelah Menteri Lingkungan Prancis Ségolène Royal menyerukan pemboikotan konsumen terhadap Nutella mengenai masalah deforestasi. [AF-03]
Be the first to comment