Jakarta, AF – PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) memperkuat penetrasi bisnisnya di segmen susu. Hal itu dilakukan dengan membentuk perusahaan patungan (joint venture/JV) dengan koperasi produsen susu asal Denmark, Arla Foods AMBA. Upaya kedua perusahaan itu juga dalam rangka memperkuat operasi usaha dan ekspansi di wilayah Asia Tenggara.
Informasi dari kantor berita Reuters.com dan Thecattlesite.com menyebutkan penandatanganan JV dilaksanakan pada Jumat (22/12). ICBP memiliki 49% saham dalam JV tersebut, lalu Arla Foods sebesar 51%. Tidak disebutkan nilai pembentukan joint venture dengan nama Arla Indofood Sukses Makmur itu. Namun, dipastikan bahwa transaksi pembentukan JV itu bukan merupakan transaksi material. Sehingga, tidak ada dampak material terhadap kegiatan usaha atau keberlangsungan usaha yang dijalani ICBP ke depan.
“Transaksi ini juga bukan merupakan transaksi afiliasi dan benturan kepentingan,” kata Sekretaris Perusahaan ICBP Gideon A. Putro dalam keterangan resmi.
Seperti diketahui, Arla bukanlah perusahaan, melainkan koperasi yang dimiliki oleh 11.200 petani dari Denmark, Swedia, Inggris, Jerman, Belgia, Luksemburg dan Belanda. Arla merupakan salah satu pemain terkuat di industri susu (dairy) dunia. Beberapa merek terkenal dari Arla seperti Arla, Lurpak, Castello dan Puck.
Dalam keterangan tertulisnya, pihak Arla Foods menyebutkan masuk ke Indonesia karena potensi pasar yang masih sangat besar. Bidang yang digarap meliputi penjualan, distribusi, dan produksi susu.
Penguatan bisnis di Aisa Tenggara merupakan bagian dari strategi Arla Foods yakni Good Growth 2020. “Kami sangat senang bisa masuk dalam kerja sama dengan ICBP yang sudah kuat dengan pengalaman bisnis dan mempunyai jaringan distribusi dengan akses yang bagus pada para retailer. Kami bersama ICBP akan menyiapkan produksi susu dengan kualitas terbaik untuk konsumen Indonesia,” ujar Tim Ørting Jørgensen yang juga Executive Vice President of Arla Foods’ International Business.
ICBP merupakan pelaku bisnis terkemuka dalam produk konsumen dengan beragam kategori seperti mie, susu, makanan ringan, bumbu makanan, nutrisi dan makanan spesial, serta minuman. Selain itu, ICBP juga mengoperasikan bisnis pengemasan dan menghasilkan kemasan fleksibel untuk mendukung bisnis dengan 40 merek produk terkemuka. [AF-02]
Be the first to comment