Bogor, Agrifood.id – Serambi Botani yang merupakan gerai milik Institut Pertanian Bogor (IPB) kini memasuki usianya yang ke-10 tahun. Gerai yang menjadi salah satu ujung tombak hilirisasi inovasi IPB tersebut semakin diterima di kalangan masyarakat Indonesia. Dalam waktu dekat, Serambi Botani akan memperluas pasar di kawasan Asia Tenggara (ASEAN).
Demikian disampaikan Direktur Utama PT Bogor Life Science and Technology (BLST) Meika Syahbana Rusli di Bogor, akhir pekan lalu di sela-sela workshop Food Medicine dalam rangka 10 Tahun Serambi Botani. BLST sendiri merupakan unit usaha dari IPB dan mengelola beberapa anak usaha, termasuk gerai Serambi Botani.
Baca : 10 Tahun Serambi Botani, Permen Cajuputs Bikin Penasaran
Meika menjelaskan animo masyarakat pada produk alami (natural) dan sehat (healthy product) yang dijual melalui Serambi Botani semakin tinggi. Keragaman produk dan tingkat penjualannya pun terus berkembang. Hingga saat ini, Serambi Botani sudah memiliki 15 gerai di Jabodetabek dan beberapa kota lainnya.
Baca : STP IPB Tindak Lanjuti Komitmen Kalangan Industri
Untuk memperluas pasar, kata Meika, pihaknya sudah menjajaki untuk masuk ke pasar ASEAN, khususnya Malaysia dan Singapura. Ekspansi tersebut bisa saja dengan membuka gerai baru atau menjadi bagian dari department store yang sudah ada. “Kami sudah menjajaki ASEAN, setidaknya untuk Malaysia dan Singapura. Kalau tidak stand alone store, berarti bisa menjadi bagian dari store-strore yang besar,” ujar staf pengajar Fakultas Teknologi Pertanian IPB ini.
Dwiko Gunawan selaku Direktur Serambi Botani menjelaskan bahwa pihaknya sudah menjual 486 jenis produk dengan berbagai varian dan kemasan. Secara umum bisa dikategorikan pada healthy food, helathy drink, health and medicine, aromatherapy dan personal care. “Secara umum ada lima kategori itu dan peminat yang banyak itu adalah healthy food,” kata Dwiko.
Sementara itu, Rektor IPB Arif Satria dalam sejumlah kesempatan selalu mempromosikan gerai Serambi Botani kepada berbagai kalangan. Dia mengataan bahwa konsumen Eropa dan Amerika Serikat cenderung menyukai green product karena dianggap mencerminkan green lifestyle. IPB akan semakin fokus pada green product tersebut dan diharapkan menembus pasar internasional. Untuk itu, gerai Serambi Botani menjadi salah satu pintu masuk bagi produk-produk inovasi IPB. [AF-03]
agrifood.id // agrifood.id@gmail.com
Be the first to comment